Bisnis

Mengenal 4 Kebutuhan Gizi Anak Usia 4-6 Tahun

gizidat – Bunda, pada masa pra sekolah atau TK, anak-anak cenderung tidak sedikit melakukan kegiatan fisik guna berpetualangan menggali tahu situasi sekitarnya. Oleh sebab itu, rasa lapar pun dapat datang sewaktu-waktu. Bagi memenuhi keperluan energinya sepanjang hari, inilah 4 keperluan gizi pada anak umur 4-6 tahun yang dapat Bunda berikan.

1. Karbohidrat Kompleks

Alih-alih menyerahkan karbohidrat sederhana, betapa lebih baiknya bila Bunda memilih karbohidrat kompleks laksana beras merah, roti gandum, atau kentang. Apa yang memisahkan ke duanya? Karbohidrat perumahan berisi lebih tidak sedikit serat sehingga memerlukan waktu lebih lama guna dicerna. Karbohidrat perumahan bahkan dinilai menjadi di antara kunci hidup sehat.

2. Kalsium

Yuk, penuhi keperluan gizi anak dengan meluangkan makanan sehat yang berisi tidak sedikit kalsium. Kalsium sendiri bermanfaat untuk membina gigi serta tulang yang kuat. Di samping itu, kalsium juga dibutuhkan untuk menolong perkembangan faedah otot dan saraf. Jumlah kalsium yang diperlukan oleh anak umur 4-6 tahun yakni sekitar 1000 mg per hari. Adapun sumber kalsium terbaik yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak antara beda susu, ikan salmon, kacang almond, dan jeruk.

3. Protein

Bukan melulu asupan kalsium yang butuh diperhatikan, Bunda pun harus memenuhi keperluan gizi anak lainnya laksana protein. Secara umum, anak berusia 4-6 tahun memerlukan sekitar 35 gram protein per hari. Tapi sebenarnya, seberapa pentingkah keperluan protein guna anak? Protein menjadi bekal utama untuk anak agar dapat membangun, mempertahankan, dan mengubah jaringan tubuh yang rusak. Protein pun berperan dalam menambah tinggi badan anak-anak bila asupannya dipenuhi. Sejumlah sumber protein yang dapat Bunda berikan pada si kecil di antaranya ialah ikan, daging, telur, dan gandum.

4. Sayur dan Buah

Terakhir, lengkapi keperluan nutrisi buah hati melewati sayur dan buah sebagai sumber vitamin. Di samping kaya serat, tidak sedikit pula sayuran yang berisi vitamin A dan C laksana brokoli, wortel, bayam, dan kangkung. Sebagai pelengkap, Bunda juga dapat memberikan asupan buah yang cukup. Sejumlah jenis buah yang berisi vitamin A dan C antara lain ialah apel, pepaya, dan stroberi.

Oh iya, menjelang Hari Gizi Nasional Indonesia 28 Februari mendatang, yuk, jauhkan anak dari junk food dan ganti dengan 4 nutrisi anak di atas. Nah, sesudah tubuh mendapat asupan gizi yang cukup, kini saatnya Bunda mengajar kemampuan beranggapan si kecil bareng Primaindisoft.com, media belajar online yang meluangkan panduan belajar yang jelas dan gampang dimengerti guna TK A dan TK B.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *