Uncategorized

Bunga Lavender dan Berbagai Manfaat serta Pemanfaatannya

Bunga berwujud kecil dan berwarna ungu ini miliki nama latin Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae), itulah bentuk dari bunga lavender. Tanaman yang tumbuh baik di ketinggian 600 –1.350 m dpl, di mana makin lama tinggi area tumbuhnya, makin lama baik kualitas minyak yang dihasilkannya. Selain biasa digunakan sebagai campuran untuk lotion anti-nyamuk. Siapa sangka jikalau Bunga Lavender miliki fungsi lainnya.

Mau tau apa saja manfaat dari bunga lavender? Simak post berikut;

Manfaat dan Kegunaan Bunga Lavender
1. Bunga Lavender Digunakan sebagai Parfum.
Di kawasan Eropa, tepatnya di Kota Paris, bunga lavender diolah sebagai bibit parfum yang juga digunakan oleh masyarakat setempat.

2. Bunga Lavender Ritual Keagamaan.
Selain itu, bunga lavender juga biasa dimanfaatkan sebagai mediator kepada sang pencipta di upacara keagamaan. Bunga lavender dipercaya sanggup memberikan pesan kepada pencipta.

Baca Juga : Bunga Valentine

3. Bunga Lavender Sebagai obat.
Sejak masa Romawi kuno, bunga lavender sanggup digunakan untuk meredakan atau membuat sembuh lebih dari satu penyakit.

4. Bunga Lavender sebagai Obat anti-nyamuk.
Menanam bunga lavender di depan rumah (meski tidak memanfaatkan lotion anti nyamuk), sanggup terhindar dari gigitan nyamuk yang biasa masuk ke rumah.

5. Bibit Bunga Lavender sanggup Diolah Menjadi Berbagai Macam Produk.
Bunga mungil ini miliki banyak fungsi untuk diolah jadi lotion anti nyamuk, aroma terapi, parfum, minyak gosok, ramuan mandi, sampai obat-obatan.

Mengapa bunga lavender miliki banyak manfaat?
Adapun komposisi utama didalam minyak lavender adalah linalool asetat yang sanggup mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. Karena khasiat inilah bunga lavender sering digunakan sebagai bahan lotion antinyamuk, aromaterapi, parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi dan obat-obatan.

Untuk cara penanaman bunga lavender tergolong terlalu gampang dan murah, tinggal sebar bijinya yang sudah tua, maka tumbuhlah dia. Harganya juga terjangkau lho, harganya lebih kurang 5-7 ribu rupiah per kantong plastik ukuran 3 x 5 cm, lebih kurang isinya 30-50 biji lavender siap tanam dan gampang didapat juga tentunya, tinggal membeli saja di toko bunga atau mas-mas penjaja bunga yang biasa nongkrong di tepi jalan.

Bagaimana? Tertarik mencoba fungsi lain dari bunga lavender? Yukk nikmati keindahan bunga ini serta beragam manfaatnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *